Kamis, 18 Februari 2010

PENERIMAAN MAHASISWA BARU STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKART 2010

BOOKLET PENERIMAAN MAHASISWA BARU
STIKES ‘AISYIYAH YOGYAKART 2010

Pendahuluan
Dunia Kesehatan sekarang maupun mendatang merupakan realitas yang penuh dengan tantangan dan permasalahan, namun sekaligus juga menjanjikan peluang. Masalah kesehatan dunia, regional Asia, Indonesia maupun masalah kesehatan lokal pada masing-masing daerah adalah fenomena yang harus mendapatkan perhatian sekaligus partisipasi aktif dari semua elemen masyarakat. Meningkatnya kecenderungan penyakit degeneratif, penyakit menular seksual, kesehatan ibu dan anak, status gizi masyarakat adalah sebagian kecil masalah kesehatan yang kita hadapi sekarang ini. Disamping itu kurangnya kualitas dari tenaga kesehatan yang ada sekarang ini memperburuk masalah kesehatan yang ada.
Keperawatan dan Kebidanan merupakan termasuk dua profesi kesehatan yang memberikan pelayanan terdepan pada klien bersama dengan profesi kesehatan lainnya. Peningkatan kualitas Ners maupun Bidan adalah hal terpenting untuk mampu mengatasi setiap permasalahan kesehatan umumnya, khususnya masalah keperawatan dan kebidanan pada khususnya. Menjawab hal tersebut maka pendidikan tinggi keperawatan maupun kebidanan menjadi kepercayaan, disamping juga penambahan jumlah tenaga Ners maupun Bidan yang masih kurang.

STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki tiga Program Studi yaitu Program Studi Ilmu Keperawatan (S1), Program Studi Kebidanan (D3) dan Program Studi Bidan Pendidik (D4). Sebagai institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan yang telah berpengalaman selama 46 tahun dalam mengelola pendidikan Keperawatan maupun Kebidanan bertekad untuk bersama mengantarkan setiap mahasiswanya menjadi Ners dan Bidan yang profesional qur’ani dan mampu mengatasi permasalahan keperawatan dan kebidanan serta memiliki kecakapan untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan yang ada.

FASILITAS & KEUNGGULAN
1. Pendidikan Tenaga Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta telah berdiri dengan SK Menteri Kesehatan RI No. 65 tanggal 10 Juli 1963, berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor: 181/D/O/2003 menjadi STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta.
2. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan model pembelajaran student centre learning.
PRODI KEBIDANAN D3 DAN ILMU KEPERAWATAN S1 SUDAH TERAKREDITASI OLEH BAN PT (BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI)
3. DIAMPU OLEH DOSEN PENGAJAR YANG BERKUALITAS DENGAN LATAR BELAKANG SEBAGAI GURU BESAR, DOKTOR, MAGISTER, SPESIALIS, YANG AHLI PADA BIDANGNYA.
4. KAMPUS YANG MUDAH DIAKSES DAN BERADA DI PUSAT KOTA.
5. RUANG KULIAH YANG NYAMAN DENGAN FASILITAS : AC, MULTIMEDIA, SOUND SYSTEM, PENUNJANG PBM YANG LENGKAP.
6. FASILITAS KOMPUTER, AKSES INTERNET GRATIS DAN HOTSPOT AREA.
7. METODE PEMBELAJARAN DENGAN E-LEARNING.
Laboratorium biomedis, gizi, skills lab, multimedia, bahasa, komputer.
Perpustakaan yang representative dengan jumlah buku, jurnal maupun literature lain yang memadai.
SEBAGAI JANTUNGNYA ILMU PERGURUAN TINGGI (THE HEART OF COLLEGE), PERPUSTAKAAN STIKES ’AISYIYAH YOGYAKARTA MENJADI PERHATIAN TERSENDIRI DALAM PENGEMBANGANNYA. PERPUSTAKAAN MENEMPATI RUANGAN YANG TENANG, NYAMAN, SEJUK BER AC, TELAH TERSEDIA LEBIH DARI CUKUP BUKU-BUKU REFERENSI DARI DALAM DAN LUAR NEGERI DAN BERANEKA DATA YANG RELEVAN UNTUK MENUNJANG KOMPETENSI PENDIDIKAN ILMU KESEHATAN.
Pelayanan data meliputi buku-buku pustaka, CD, Video, Majalah, Koran, Kliping dan akses internet. Hasil karya penulisan ilmiah, pelatihan, seminar maupun penelitian dari para mahasiswa/mahasiswi dan para dosen, secara selektif dihimpun dalam perpustakaan untuk melengkapi sumber data.
8. KULIAH BAHASA INGGRIS KOMPREHENSIF.
Bimbingan Agama Islam intensif.
Asrama Mahasiswa.
Pembinaan kegiatan kemahasiswaan: Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA), English ’Aisyiyah Club (EAC), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM): Karate, Paduan Suara, Band, Olahraga, dll.
Kemitraan dengan luar negeri untuk pengembangan dosen.
Pengembangan karir.


PROGRAM STUDI PILIHAN
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN (STRATA 1 DAN PROGRAM PENDIDIKAN NERS)
1. KELAS REGULER (LULUSAN SMU/MA/SMK BIDANG KESEHATAN)
2. KELAS AANVULEN (LULUSAN D-3 KEPERAWATAN)

PROGRAM STUDI KEBIDANAN (D3)
1. KELAS REGULER (LULUSAN SMU/MA/SMK BIDANG KESEHATAN)
Kelas Aanvulen (Lulusan D-1 Kebidanan/PROGRAM PENDIDIKAN Bidan)

PROGRAM STUDI BIDAN PENDIDIK (D4)
UNTUK LULUSAN PROGRAM STUDI KEBIDANAN D3
SISTEM DAN METODE SELEKSI PENERIMAN MAHASISWA

1. Jalur Tes Potensi Akademik (TPA) adalah jalur masuk STIKES melalui Tes Potensi Akademik bagi calon mahasiswa.
Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) adalah jalur masuk STIKes bagi lulusan SLTA (SMA/SMU/MA/SMK bidang kesehatan) dengan kemudahan tanpa tes potensi akademik dan harus tetap mengikuti tes lainnya. Ketetapan penerimaan ditentukan secara tertulis dan diumumkan satu hari sebelum pelaksanaan tes potensi akademik.
Persyaratan PMDK :
Menduduki rangking sepuluh besar dari semester 1 – 5 atau nilai rata rata minimal 7,0.
Dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah

2. Jalur Penelusuran Minat Bibit Unggul (PMBU) adalah jalur penerimaan mahasiswa baru STIKes bagi lulusan SLTA (SMA/SMU/MA/SMK bidang kesehatan) dengan kemudahan tanpa tes potensi akademik dan harus tetap mengikuti tes lainnya. Ketetapan penerimaan ditentukan secara tertulis bagi yang memenuhi persyaratan paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan tes potensi akademik.
Persyaratan calon mahasiswa PMBU: memiliki prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.

PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran melalui website:
1. Mengisi data diri pendaftar pada formulir pendaftaran yang ada di website pmb.stikes-aisyiyah-jogja.ac.id mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkannya melalui fax. no. (0274) 389440;
Mentransfer uang pendaftaran pada rekening BRI Syariah Kantor Cabang KCP Jogya-A.Dahlan a.n. Panitia SIPENMARU CQ DWI PRIHATININGSIH dengan nomor rekening: 1001063738.
Menyerahkan bukti pembayaran/transfer, menyerahkan syarat pendaftaran paling lambat satu hari sebelum ujian dilaksanakan (jam kerja: 08.00-15.00 WIB).
Mengambil kartu ujian setelah berkas pendaftaran lengkap diterima panitia.

Pendaftaran langsung di kampus I STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta:
1. Membayar uang pendaftaran pada Panitia;
Mengisi data diri pendaftar melalui komputer yang telah disediakan panitia;
Menyerahkan kelengkapan persyaratan pendaftaran ke panitia paling lambat satu hari sebelum ujian dilaksanakan (jam kerja: 08.00-15.00 WIB);
2. MENGAMBIL KARTU UJIAN.

AGENDA KEGIATAN

Kegiatan Gelombang Khusus Gelombang I Gelombang II Gelombang III
Pendaftaran 1 Februari – 6 Maret 2010: 08.00-15.00 WIB 8 Maret – 24 April 2010: 08.00-15.00 WIB 26 April – 12 Juni 2010:
08.00-15.00 WIB 14 Juni – 7 Agustus 2010: 08.00-15.00 WIB
Tes Potensi Akademik (TPA) Ahad, 7 Maret 2010:
08.00 WIB Ahad, 25 April 2010: 08.00 WIB Ahad, 13 Juni 2010: 08.00 WIB Ahad, 8 Agustus 2010: 08.00 WIB
Pengumuman lulus TPA dan Pendaftaran Tes Lanjutan Sabtu, 13 Maret 2010: 13.00 WIB Sabtu, 1 Mei 2010: 13.00 WIB Sabtu, 19 Juni 2010: 13.00 WIB Sabtu, 14 Agustus 2010: 13.00 WIB
Psikotest Ahad, 14 Maret 2010: 08.00 WIB Ahad, 2 Mei 2010: 08.00 WIB Ahad, 20 Juni 2010: 08.00 WIB Ahad, 15 Agust 2010: 08.00 WIB
Tes Kesehatan Senin, 15 Maret 2010: 08.00 WIB Senin, 3 Mei 2010: 08.00 WIB Senin, 21 Juni 2010: 08.00 WIB Senin, 16 Agust 2010: 08.00 WIB
Tes Wawancara orang tua dan calon mahasiswa Senin, 15 Maret 2010: 08.00 WIB Senin, 3 Mei 2010: 08.00 WIB Senin, 21 Juni 2010: 08.00 WIB Senin, 16 Agust 2010: 08.00 WIB
Pengumuman Jum’at, 19 Maret 2010: 13.00 WIB Jum’at, 7 Mei 2010: 13.00 WIB Jum’at, 25 Juni 2010: 13.00 WIB Jum’at, 20 Agust 2010: 13.00 WIB
Registrasi 19-26 Mrt 2010
08.00-14.00 WIB 7-14 Mei 2010:
08.00-14.00 WIB 25 Juni – 2 Juli:
08.00-14.00 WIB 20-27 Agustus:
08.00-14.00 WIB
Registrasi akhir dan Pengisian KRS 20-21 Agustus 2010: 08.00-14.00 WIB 23-24 Agustus 2010: 08.00-14.00 WIB 25-26 Agustus 2010: 08.00-14.00 WIB 27-28 Agustus 2010:
08.00-14.00 WIB

- Silaturahim dengan ortu/wali mahasiswa : Senin, 20 September 2010: 09.00-12.00 WIB di ruang aula kampus I STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta
OPSPEK (Orientasi Program Studi dan Pengenalan Kampus), OSDI (Orientasi Studi Dasar Islam), Outbond, HSO (Hari Sosialisasi Organisasi Kemahasiswaan): 21-25 September 2010
Awal perkuliahan: 27 September 2010

BIAYA
A. Biaya Pendaftaran
- Jalur PMDK/PMBU/TPA: Rp 125.000,00
Ujian kesehatan, psikotest dan wawancara (bagi yang lulus PMDK/PMBU/TPA): Rp 125.000,00

B. Sumbangan Wajib Tri Dharma Perguruan Tinggi:

Prodi Kelas Gelombang Besaran (Rp)
Kebidanan D3/
Ilmu Keperawatan S1 Reguler Khusus 10.000.000,00
I 12.000.000,00
II 13.000.000,00
III 14.000.000,00
Kebidanan D3/ Ilmu Keperawatan S1 Aanvullen Semua gelombang 8.000.000,00
Bidan Pendidik D4 Semua gelombang 5.000.000,00

Cara pembayaran:
1. Tunai pada waktu registrasi penerimaan mahasiswa baru atau
Diangsur, yaitu:

a. Tahap I : 60% dibayarkan pada saat registrasi
b. Tahap II : 20% dibayarkan paling lambat satu minggu sebelum
ujian akhir semester I.
c. Tahap III : 20% dibayarkan paling lambat satu minggu sebelum
ujian akhir semester II.

C. Sumbangan Tambahan Tri Darma PT
- Dikenakan bagi mahasiswa Prodi Kebidanan D3 Reguler dan Prodi Ilmu Keperawatan S1 Reguler, tidak dikenakan untuk mahasiswa program Aanvullen dan Prodi Bidan Pendidik D4.
Besarnya sumbangan tambahan minimal Rp 2.000.000,00.
- Cara pembayaran sumbangan tambahan tri dharma PT:
1. Tunai pada saat registrasi atau Diangsur:
a. Tahap I : 50% pada saat registrasi
b. Tahap II : paling lambat satu minggu sebelum ujian sidang hasil
Karya Tulis Ilmiah (KTI) atau skripsi.
- Calon mahasiswa membuat surat pernyataan kesediaan membayar dan cara pembayaran sumbangan tambahan tri dharma PT pada saat pendaftaran (surat pernyataan harus disetujui oleh orang tua).

D. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP):

Prodi/Jenjang Kelas SPP Tetap/semester (Rp) SPP Variabel/sks (Rp)
Kebidanan D3 Reguler/ Aanvullen 2.500.000,00 150.000,00
Ilmu Keperawatan S1 Reguler/ Aanvullen 2.500.000,00 125.000,00
Bidan Pendidik D4 3.000.000,00 200.000,00

Biaya SPP Program Studi Ners akan ditentukan menjelang pelaksanaan program.

Cara pembayaran:
- SPP Tetap d ibayarkan secara tunai pada saat registrasi, bila tidak mampu maka diberikan tenggang waktu paling lambat satu minggu sebelum ujian tengah semester I. Ketidakmampuan membayar dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari Ketua RT setempat.
SPP Variabel dibayarkan secara tunai pada saat registrasi, tidak ada dispensasi/tenggang waktu pembayaran.

E. Biaya lain-lain

1. Biaya seragam:

Prodi Reguler Aanvullen
Kebidanan D3 Rp 700.000,00 Rp 700.000,00
Ilmu Keperawatan S1 Putri Rp 700.000,00
Putra Rp 650.000,00 Putri Rp 600.000,00
Putra Rp 550.000,00
Bidan Pendidik D4 Rp 700.000,00

Biaya seragam dibayarkan secara tunai di kampus I STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta pada saat registrasi.

2. Simpanan Pokok Anggota Koperasi Mahasiswa
- Besarnya simpanan pokok Rp 100.000,00/mahasiswa.
Dibayarkan secara tunai di kampus I STIKES ’Aisyiyah Yogyakarta pada saat registrasi.

3. Biaya asrama
- Besarnya biaya asrama adalah Rp 2.500.000,00/semester
Biaya asrama dikenakan bagi mahasiswa yang akan tinggal di asrama.
Biaya asrama semester I dibayarkan secara tunai pada saat registrasi atau diangsur 50% saat registrasi dan 50% paling lambat satu minggu sebelum ujian tengah semester I.
Biaya asrama semester II dibayarkan saat heregistrasi atau diangsur 50% saat heregistrasi dan 50% paling lambat paling lambat satu minggu sebelum ujian tengah semester II.

Selama proses pendidikan sampai dengan wisuda tidak akan dilakukan pungutan biaya selain yang telah tertera di atas, kecuali biaya pelatihan tersertifikasi.

Apabila mahasiswa baru telah registrasi dan membayar biaya pendidikan serta mengajukan surat pengunduran diri (dilampiri surat bukti diterima PTN/PTS lain) maka biaya akan dikembalikan:
- Diterima di PTN : dikembalikan 50% dari biaya yang telah dibayarkan
Diterima di PTS : dikembalikan 25% dari biaya yang telah dibayarkan

Ketentuan pengembalian biaya tersebut di atas tidak berlaku bagi mahasiswa baru yang diterima pada gelombang III.


INFORMASI PENDAFTARAN
STIKES 'AISYIYAH YOGYAKARTA
JL. MUNIR NO. 267 SERANGAN NGAMPILAN YOGYAKARTA 55262
Telp.(0274) 374427, 412702, 412703
Fax.(0274) 389440
website : www.stikes-aisyiyah-jogja.ac.id
Email: stikesayo@stikes-aisyiyah-jogja.ac.id
humas@stikes-aisyiyah-jogja.ac.id





PROGRAM PROFESI NERS (PPN)
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN S1

PROGRAM
1. REGULER, UNTUK LULUSAN SMA DAN SEDERAJAT
2. AANVULLEN (ALIH JALUR), UNTUK LULUSAN D III KEPERAWATAN

PENDIDIKAN NERS ADALAH PENDIDIKAN YANG BERSIFAT AKADEMIK PROFESI YANG DALAM PELAKSANAANNYA TERDIRI DARI DUA TAHAP PENDIDIKAN YAITU PENDIDIKAN SARJANA KEPERAWATAN DAN PENDIDIKAN PROFESI NERS.

1. PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA (PPS)
a. TUJUAN
MENGHASILKAN SARJANA KEPERAWATAN YANG MEMPUNYAI KEMAMPUAN SEBAGAI BERIKUT
1) MAMPU MENGENALI, MENGAMATI, MELAKUKAN PENDEKATAN DAN PENALARAN ILMIAH SERTA MENCARI PEMECAHAN MASALAH-MASALAH KEPERAWATAN DAN BERSIKAP SEBAGAI SARJANA KEPERAWATAN
2) MAMPU MENGEMBANGKAN DAN MENERAPKAN BEKAL KEMAMPUANNYA DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI NERS
3) MAMPU MENGEMBANGKAN DAN MENERAPKAN PENGETAHUAN, KETRAMPILAN DAN SIKAP BERDASAR LATAR BELAKANG PENGETAHUAN MENGENAI BIDANG ILMU YANG DIPILIH
MAMPU MENGEMBANGKAN DAN MENERAPKAN MASALAH-MASALAH KEPERAWATAN DAN BERSIKAP SEBAGAI SARJANA KEPERAWATAN YANG ISLAMI
b. BEBAN STUDI DAN LAMA STUDI
BEBAN STUDI UNTUK PPS ADALAH 147 SKS UNTUK REGULAR DAN 65 SKS UNTUK PROGRAM AANVULLEN
LAMA STUDI UNTUK PROGRAM PENDIDIKAN SARJANA ADALAH EMPAT TAHUN YANG TERBAGI DALAM 8 SEMESTER UNTUK REGULAR DAN 3 SEMESTER UNTUK PROGRAM AANVULLEN
c. IJAZAH
SETELAH MENYELESAIKAN PROGRAM AKADEMIK LULUSAN BERHAK MENDAPAT GELS SARJANA KEPERAWATAN (S. KEP.)

2. PROGRAM PROFESI NERS (PPN)
a. TUJUAN
MENGHASILKAN LULUSAN YANG JUJUR, AMANAH, MAMPU MENYERUKAN AKAN KEBAIKAN, MELARANG BERBUAT INGKAR DAN PROFESSIONAL DALAM BIDANGNYA.
b. BEBAN STUDI DAN LAMA STUDI
BEBAN STUDI PPN ADALAH 34 SKS DENGAN LAMA STUDI 2 SEMESTER (1 TAHUN). MATA KULIAH YANG DITEMPUH PADA TAHAP PROFESI INI TERDIRI DARI MA :
1). KETRAMPILAN DASAR PROFESI 1 SKS
2). Manajemen keperawatan 2 sks
3). KEPERAWATAN ANAK 4 SKS
4). Keperawatan maternitas 4 Sks
5). Keperawatan medikal bedah 8 sks
6). kepewatan gawat darurat 4 sks
7). Keperawatan jiwa 2 sks
8). Keperawatan komunitas 4 sks
9). keperawatan keluarga 3 sks
10). keperawatan gerontik 2 sks
c. IJAZAH
MAHASISWA PPN DINYATAKAN LULUS DAN MENDAPAT IJAZAH NERS, SERTA GELAR NERS (NS.) JIKA MEMENUHI SYARAT NILAI BATAS LULUS (INDEKS KUMULATIF PROFESI MINIMAL 3,00).
d. TEMPAT PRAKTIK
- RSU PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
- RSUD MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG
- RSUD Panembahan Senopati Bantul
RSU PKU Muhammadiyah Bantul
RSUD Wates
- RSIA ‘Aisyiyah Muntilan
RSKB Nur Hidayah Yogyakarta
RS Ghrasia Yogyakarta
PSTW Budi Luhur Kasongan Bantul
Puskesmas Galur I dan II Kulon Progo
Puskesmas Piyungan Bantul
Puskesmas Ngampilan Kota Yogyakarta
- LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LP) PAJANGAN BANTUL
- PSPP Pamardi Putra Kalasan Sleman
Wilayah Kecamatan Galur kabupaten Kulon Progo

3. AKREDITASI
Program studi Ilmu Keperawatan telah diakreditiasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan hasil C.

4. PROFIL LULUSAN
Lulusan Ners dapat bekerja sebagai :
a. Perawat Praktek Mandiri
Perawat Praktek Berkelompok
b. Perawat Praktek di rumah sakit dan klinik lainnya.
Perawat pelaksana, pendidik, peneliti dan pengelola

Sistem Pendidikan
- SISTEM PENDIDIKAN DENGAN SISTEM KREDIT SEMESTER ARTINYA MAHASISWA MENEMPUH SEJUMLAH MATA KULIAH SESUAI DENGAN INDEK PRESTASI MAHASISWA.
Lama studi untuk tahap akademik antara 8 sampai dengan 14 semester dan lama studi untuk tahap profesi antara 2-4 semester.
Perbaikan nilai mata kuliah dilakukan dengan system remedial yang diselenggarakan pada setiap semester


METODE PEMBELAJARAN
1. PERKULIAHAN TEORI DILAKUKAN DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING
tutorial
e-learning
2. PRAKTIKUM DI LABORATORIUM DAN KLINIK/KOMUNITAS
PRAKTIKUM DISELENGGARAKAN DI LABORATORIUM BIOMEDIS, LABORATORIUM GIZI, LABORATORIUM KOMPUTER DAN SKILLS LAB (MINI HOSPITAL).
Praktikum di klinik dan komunitas yang dilaksanakan di rumah sakit, puskesmas, nursing center dan komunitas.
3. PRAKTIK PROFESI

WAKTU PERKULIAHAN
PROGRAM REGULER : SENIN-SABTU
PROGRAM AANVULLEN : KAMIS-SABTU, PUKUL 12.00 – 20.00 WIB


PROGRAM SERTIFIKASI
1. English I (Reading, Writing)
English II (Speaking, Listening)
English III (TOEFL)
2. Sertifikasi Nasional Pelatihan Program Penanganan Gawat Darurat Dasar (PPGD) kerja sama dengan BAKER Propinsi DIY
Sertifikasi Magang sesuai peminatan mahasiswa di akhir program Pendidikan Profesi, peminatan yang ditawarkan perawatan Gawat Darurat dan Intensif, Hemodialisi, Maternitas dan Keperawatan Jiwa-Komunitas


SYARAT PENDAFTARAN PRODI ILMU KEPERAWATAN (S1)
A. Program Reguler Jalur PMDK/PMBU:
1. Foto copy ijazah SMU/SMA/MA/SMK (Bidang Kesehatan) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy kartu pelajar yang telah dilegalisasi bagi pendaftar yang masih menempuh pendidikan pada tahun 2010;
Bagi pendaftar jalur PMDK : foto copy rapor semester I-V (kelas 10-12) dengan nilai rata-rata minimal 7,0 yang telah dilegalisasi atau menduduki peringkat sepuluh besar kelulusan di sekolahnya dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.
Bagi pendaftar jalur PMBU : foto copy sertifikat atau surat keterangan prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.
Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan);
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah;
Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia.


B. Program Reguler Jalur TPA (Tes Potensi Akademik):
1. Foto copy ijazah SMU/SMA/MA/SMK (Bidang Kesehatan) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy kartu pelajar yang telah dilegalisasi bagi pendaftar yang masih menempuh pendidikan pada tahun 2010;
Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan)
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah.
Mengisi formulir pendaftaran melalui computer yang telah disediakan panitia

C. Program Aanvullen:
1. Foto copy ijazah D III Keperawatan yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Surat keterangan masih studi pada semester akhir dan Kartu Hasil Studi (KHS) semester I sampai dengan V bagi pendaftar yang masih menempuh pendidikan pada tahun 2010;
Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan)
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah.
Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia.
Izin belajar dari pimpinan bagi pendaftar yang telah bekerja


PROGRAM STUDI KEBIDANAN D III
Program Studi Kebidanan jenjang Diploma III telah mempunyai pengalaman penyelenggaraan pendidikan Bidan selama 47 tahun yaitu sejak penyelenggaraan Sekolah Bidan ’Aisyiyah tahun 1963. Lulusan Bidan ’Aisyiyah telah mencapai jumlah ribuan dan telah diakui eksistensinya di seluruh tanah air Indonesia. Prestasi yang telah diraih para lulusan Bidan ’Aisyiyah adalah menjadi bidan teladan tingkat nasional maupun regional.

Prodi Kebidanan D III telah menjalin kemitraan dan kerjasama dengan:
1. Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia
Badan Kerja Sama (BKS) Institusi Pendidikan D3 Kebidanan Propinsi Jawa Tengah dan DIY
Kemitraan Institusi Pendidikan D3 Kebidanan Propinsi DIY
2. IKATAN BIDAN INDONESIA
3. PUSAT PELATIHAN KLINIK SEKUNDER (P2KS) PROPINSI DIY
4. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi DIY dan Kabupaten/Kota di Propinsi DIY
Dinas Kesehatan wilayah Propinsi DIY
Daerah Binaan Wilayah Kecamatan Panjatan Kulonprogo


AKREDITASI
Hasil akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) adalah B.


Tujuan PENDIDIKAN
Untuk menghasilkan lulusan bidan profesional-qur’ani pada tingkat Ahli Madya Kebidanan yang mampu:
a. Menerapkan konsep dan prinsip serta keilmuan dan keterampilan yang mendasari profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan;
b. Melaksanakan asuhan kebidanan (ASKEB) secara profesional pada perempuan dalam siklus kehidupannya (remaja, pra perkawinan, kehamilan, persalinan, nifas, klimakterium, menopouse dan masa antara, masa konsepsi, neonatus, bayi dan anak balita) di semua tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas;
Mengembangkan sikap profesional dan qur’ani dalam praktik kebidanan, komunikasi interpersonal dan konseling serta menjalin kerjasama dalam tim kesehatan;
Memberikan pelayanan kebidanan dengan mempertimbangkan kultur dan budaya setempat, dengan melakukan upaya promosi dan prevensi kesehatan reproduksi melalui pendidikan kesehatan, pemberdayaan perempuan, keluarga serta masyarakat dengan tidak mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.

PROFIL LULUSAN
LULUSAN BIDAN ’AISYIYAH YOGYAKARTA DAPAT MENJADI:
a. Bidan yang bekerja secara mandiri (Bidan Praktik Swasta/BPS)
Bidan pelaksana di rumah sakit, rumah bersalin, Puskesmas, balai kesehatan ibu dan anak, polindes, poskesdes.
Bidan pengelola program kesehatan ibu dan anak di Dinas Kesehatan, Puskesmas.
Bidan pengelola rumah bersalin, balai kesehatan ibu dan anak.

SISTEM PENDIDIKAN
- SISTEM PAKET ARTINYA MAHASISWA DIWAJIBKAN MENEMPUH SEJUMLAH MATA KULIAH YANG TELAH DITETAPKAN PADA SETIAP SEMESTER
- LAMA STUDI ANTARA 6 SAMPAI DENGAN 10 SEMESTER.
Perbaikan nilai mata kuliah dilakukan dengan system remedial yang diselenggarakan pada setiap semester






METODE PEMBELAJARAN
1. PERKULIAHAN TEORI DILAKUKAN DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING
tutorial
e-learning
2. PRAKTIKUM DI LABORATORIUM DAN KLINIK
3. PRAKTIKUM DISELENGGARAKAN DI LABORATORIUM BIOMEDIS, LABORATORIUM GIZI, LABORATORIUM KOMPUTER DAN SKILLS LAB (MINI HOSPITAL).
Praktikum di klinik (bidan praktik swasta/puskesmas/rumah bersalin/rumah sakit) dengan pendampingan dan pembimbingan.
4. PRAKTIK KLINIK
UNTUK MELATIH KETRAMPILAN DALAM MENGHADAPI SITUASI NYATA DISELENGGARAKAN PULA PRAKTIK-PRAKTIK DI RUMAH SAKIT, PUSKESMAS, RUMAH BERSALIN, RSIA DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA.
PRAKTIK KERJA LAPANGAN DI KOMUNITAS


WAKTU PERKULIAHAN
PROGRAM REGULER : SENIN-SABTU
PROGRAM AANVULLEN : RABU-SABTU, PUKUL 12.00 – 20.00 WIB


PROGRAM SERTIFIKASI
1. ENGLISH I (READING, WRITING)
2. English II (Speaking, Listening)
3. English III (TOEFL)
4. Sertifikasi Nasional Pelatihan Pasang dan Cabut IUD dan Implant bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Klinik Sekunder (P2KS) Propinsi DIY dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Propinsi DIY dan Kota/Kabupaten di Propinsi DIY

PRESTASI MAHASISWA
1. Juara Harapan I Midwifery Competency Contest Tingkat Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008.
Pemenang Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian DP2M Pendidikan Tinggi Pendidikan Nasional RI Tahun 2010.
Juara 2 Karate (Kata Beregu) PORDA
Juara 3 Karate (Kata Perorangan) PORDA
Juara 3 Karate (Komite Perorangan) PORDA
Juara 1 Karate (Komite Senior) Gunungkidul Cup 2009
Juara Harapan 2 Midwifery Intelligence Competition UNS 2009

SYARAT PENDAFTARAN PRODI KEBIDANAN D3
A. Program Reguler jalur PMDK/PMBU:
1. Tinggi badan minimal 150 cm
Foto copy ijazah SMU/SMA/MA/SMK (Bidang Kesehatan) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
2. Foto copy nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy kartu pelajar yang telah dilegalisasi bagi pendaftar yang masih menempuh pendidikan pada tahun 2010;
Bagi pendaftar jalur PMDK : foto copy rapor semester I-V (kelas 10-12) dengan nilai rata-rata minimal 7,0 yang telah dilegalisasi atau menduduki peringkat sepuluh besar kelulusan di sekolahnya dengan dibuktikan surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan.
Bagi pendaftar jalur PMBU : foto copy sertifikat atau surat keterangan prestasi non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota.
3. Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan);
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah;
Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia.

B. Program Reguler jalur TPA (Tes Potensi Akademik):
1. Tinggi badan minimal 150 cm
Foto copy ijazah SMU/SMA/MA/SMK (Bidang Kesehatan) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) yang telah dilegalisasi bagi lulusan tahun 2009 atau sebelumnya;
Foto copy kartu pelajar yang telah dilegalisasi bagi pendaftar yang masih menempuh pendidikan pada tahun 2010;
Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan)
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah.
Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia


C. Program Aanvullen:
1. Foto copy ijazah D I Kebidanan yang telah dilegalisasi;
Foto copy transkrip nilai yang telah dilegalisasi;
Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan)
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah.
Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia.
Izin belajar dari pimpinan bagi pendaftar yang telah bekerja
2. Persetujuan suami/orang tua untuk mengikuti pendidikan









PROGRAM STUDI BIDAN PPENDIDIK (D4)
Profil llulusan
MENJADI BIDAN PROFESSIONAL, MANAJER BERWAWASAN GLOBAL, PENDIDIK, ILMUAN/PENELITI.

Tujuan
MENGHASILKAN LULUSAN YANG MAMPU:
a. MEMENUHI KEBUTUHAN KETENAGAAN KEBIDANAN ATAU KESEHATAN REPRODUKSI YANG BERKUALITAS DAN PROFESSIONAL
b. MEMBANTU MENINGKATKAN KUALITAS DAN CAKUPAN PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK
c. Menghasilkan lulusan tenaga kebidanan dan atau kesehatan reproduksi yang professional dan berakhlak mulia
Memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat, institusi melalui layanan pendidikan, pelatihan, penelitian, pelayanan dan pembaharuan di bidang kebidanan dan kesehatan reproduksi

SISTEM DAN WAKTU PERKULIAHAN
a. SISTEM KULIAH MODUL
PERKULIAHAN TERDIRI ATAS 2 (DUA) SEMESTER DENGAN PEMBELAJARAN TEORI DAN PRAKTIK. JUMLAH SKS PADA MATA KULIAH INTI ADA 40 SKS.
b. SERTIFIKASI
SERTIFIKASI BERUPA PEKERTI, PONED (PENANGANAN OBSTETRI NEONATAL EMERGENCY DASAR), PENCEGAHAN INFEKSI (PI), RESUSITASI, OSCA (OBYEKTIVE STRUCTURE CLINICAL ASSESMENT), USG, KMC (KANGORO MOTHER CARE), PELATIHAN KEPEMIMPINAN
c. WAKTU PERKULIAHAN
SENIN, SELASA, RABU, KAMIS DIMUNGKINKAN KULIAH SORE HARI.
D. SISTEM PERKULIAHAN
DIMULAI DENGAN PRAAKADEMIK, TUTORIAL, MODUL, KULIAH KLASISAL DENGAN DOSEN PAKAR, PRAKTIK LAPANGAN

PERSYARATAN PENDAFTARAN
1. Foto copy ijazah D III Kebidanan yang telah dilegalisasi;
2. Foto copy transkrip nilai D III Kebidanan yang yang telah dilegalisasi;
3. Foto berwarna 4x6 sebanyak 3 lembar (kondisi 6 bulan terakhir dan posisi formal menghadap ke depan)
Menyerahkan foto copy akta nikah bagi yang sudah menikah.
4. Mengisi formulir pendaftaran melalui komputer yang telah disediakan panitia.
Izin belajar dari pimpinan bagi pendaftar yang telah bekerja.
Diutamakan yang telah mempunyai pengalaman kerja di bidangnya.
5. Persetujuan suami/orang tua untuk mengikuti pendidikan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar